Lazada Indonesia (Lazada), salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, pastikan akses ekonomi digital inklusif ke semua daerah selama bulan Ramadan.
Bersama dengan mitra logistik pihak ketiga, Lazada mampu memperluas akses ekonomi digital ke daerah terpencil serta memastikan layanan pengiriman yang cepat dan andal, sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja online bagi masyarakat di seluruh Indonesia.
“Langkah ini menegaskan komitmen Lazada dalam mendukung inklusi ekonomi digital dan pemerataan pertumbuhan e-commerce di Tanah Air, terutama dalam menyambut bulan Ramadan yang menjadi momen penting bagi industri e-commerce,” ucap Reinaldo Harjanto, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia.
Reinaldo juga menjelaskan bahwa kerja sama dengan para mitra strategis seperti CV Berkat Langgeng Abadi (Berkat), PT Namirah Agung Mandiri (Namirah Logistic), dan PT OTW Sinergi Niaga (OTW) memungkinkan Lazada menjaga kualitas layanan seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan di berbagai daerah, terutama saat menjelang dan selama bulan Ramadan. “Dengan semangat sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi digital melalui perdagangan dan teknologi, Lazada mendukung visi pemerintah dalam penerapan inklusi ekonomi digital di seluruh Indonesia,” ujar Reinaldo.
Kolaborasi Lazada dengan mitra logistik lokal seperti Berkat, OTW, dan Namirah Logistic ditujukan diantaranya untuk membangun akses pasar yang setara bagi masyarakat Indonesia, bahkan yang sulit dijangkau sekalipun.
Kerja sama strategis ini juga memungkinkan Lazada untuk memastikan layanan pengiriman yang aman dan tepat waktu bagi konsumen mengingat pengetahuan dan pemahaman terhadap area para mitra yang pasti lebih mumpuni. Hal ini menjadi semakin penting selama Ramadan, di mana permintaan akan produk-produk kebutuhan pokok, fesyen, dan produk lainnya untuk keperluan Ramadan dan perayaan Lebaran meningkat signifikan.
“Lazada memastikan pengalaman belanja dan transaksi online yang prima, mulai dari pencarian barang hingga penerimaan paket oleh konsumen, dengan dukungan para mitra strategis di dalam ekosistem kami,” tambah Reinaldo. Dampak Ramadan bagi E-commerce, Lazada Tingkatkan Efisiensi untuk Layanan Pengiriman Tepat Waktu.
Bulan Ramadan selalu menjadi momen penting bagi industri e-commerce di Indonesia. Selama periode ini, terjadi peningkatan signifikan dalam aktivitas belanja online, terutama untuk kategori produk seperti makanan dan minuman untuk berbuka puasa, pakaian muslim, perlengkapan ibadah, dan produk elektronik.
“Tentu pelanggan juga berharap bisa menerima paket pesanannya dengan cepat. Karena itulah, bersama dengan mitra logistik, kami terus meningkatkan kapasitas dan efisiensi layanan untuk memastikan pelanggan bisa menerima paket pesanannya secara aman dan tepat waktu,” tutur Reinaldo.
Momen Lebaran menjadi pendorong Lazada untuk memperkuat infrastruktur logistiknya melalui kolaborasi dengan mitra logistik sehingga tidak hanya dapat memastikan pengiriman yang tepat waktu dan efisien, tetapi juga membantu memenuhi permintaan yang melonjak selama Ramadan.
“Dengan dukungan mitra logistik, Lazada juga dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang mungkin sebelumnya memiliki keterbatasan akses logistik, sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat menikmati layanan e-commerce yang optimal,” tegas Reinaldo.
Melalui kolaborasi dengan mitra 3PL, Lazada akan terus memperkuat perannya sebagai platform e-commerce di Indonesia yang berkontribusi dalam membangun ekosistem digital inklusif bagi seluruh masyarakat. “Dalam memastikan layanan logistik yang prima selama bulan Ramadan, langkah ini tidak hanya meningkatkan pengalaman berbelanja online, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air, terutama di daerah-daerah yang sebelumnya kurang terjangkau. Dengan demikian, Lazada tidak hanya menjadi bagian dari tradisi belanja online selama Ramadan, tetapi juga menjadi pendorong utama inklusi ekonomi digital di Indonesia,” pungkas Reinaldo.